Kebangkitan Mesut Ozil Adalah Trik Terbesar Mikel Arteta

Mesut Ozil telah dihidupkan kembali di bawah pelatih kepala baru Mikel Arteta, sedemikian rupa sehingga ia membangkitkan kembali karir Arsenal-nya. Ini adalah trik terbesar Arteta.

Itulah bakat dan kemampuan alaminya, setiap kali seorang manajer baru mengambil alih kendali di Arsenal, salah satu pertanyaan pertama yang diajukan kepada mereka adalah bagaimana mereka akan menggunakan Mesut Ozil. Jerman adalah salah satu individu yang paling kontroversial di dunia sepakbola. Sangat didukung oleh ‘fanboys’, banyak dikritik oleh mereka yang menyoroti kemalasan dan ketidaktertarikannya, ada banyak sekali perbedaan pendapat tentang Ozil dan dampaknya pada tim.

Unai Emery tidak pernah bergaul dengannya. Keretakan antara keduanya mungkin berlebihan di media dan Emery memang memberi Ozil banyak kesempatan untuk membuktikan dirinya – banyak dari pendukung Ozil yang lebih bias tidak akan mengakui sebanyak itu – tetapi Ozil bisa berbuat lebih banyak di bawah Emery. Untuk alasan apa pun, keduanya tidak pernah sepenuhnya kompatibel dan bahagia satu sama lain.

Ketika Mikel Arteta tiba untuk menggantikan Emery pada bulan Desember, ia mengatakan bahwa Ozil akan diberikan ‘catatan bersih’. Ozil harus beradaptasi dengan pendekatan Arteta dan akan ada sedikit belas kasihan jika dia tidak bekerja keras, tetapi Arteta bersedia memberi Ozil peluang yang sama dengan yang diberikan Emery kepadanya. Perbedaan? Baik sistem dan pelatihan Arteta lebih efektif dan mengesankan daripada Emery dan Ozil memilih untuk tunduk pada tuntutan manajer barunya, daripada menolaknya.

Bahkan, minggu ini, Ozil berbicara secara luas tentang bagaimana Arteta telah merevitalisasi seluruh ruang ganti dan memberinya kebebasan taktis yang lebih besar untuk mendapatkan yang terbaik darinya:

Manajemen Ozil Arteta sangat bagus. Ada masukan taktis untuk menempatkan Ozil di posisi yang menguntungkan untuk memanfaatkan kemampuannya sebaik-baiknya. Bermain di ruang setengah antara pemain sayap kanan dan penyerang tengah, Ozil memiliki ruang luas untuk melayang di antara, untuk menerima bola di ruang setengah, dan kemudian berbelok ke depan dan pengujian benang lolos ke rekan setim yang lebih maju.

Dia telah berada di jantung permainan serangan Arsenal di bawah Arteta. Per Orbinho, Ozil telah menciptakan 26 peluang Liga Premier musim ini, yang paling banyak di antara pemain di skuad. Namun, hanya 11 di antaranya yang berasal dari permainan terbuka, tetapi di antara 11 itu, lima berasal dari tiga pertandingan di bawah Arteta. Dalam tiga pertandingan itu, Ozil bermain 90 menit hanya sekali.

Namun, yang lebih mengesankan, Ozil telah bekerja keras untuk memiliki. Dia membuat 10 bola pemulihan dalam kemenangan atas Manchester United, lebih dari pemain lain di lapangan, dan peringkat di lima besar di Liga Premier untuk tekanan dan tindakan defensif di babak ofensif untuk semua permainan yang dimainkan di gameweek Hari Tahun Baru .

Arteta telah merevitalisasi Ozil. Ini adalah versi gelandang yang sama sekali baru, dan Arsenal adalah penyumbang yang paling disambut.